GURU SMA

Foto guru SMA N 1 Fakfak Tahun 2005

Meriam Masa Penjajahan Jepang

Peninggalan Jepang di Distrik Kokas, berupa meriam yang merupakan basis pertahanan Jepang pada masa Prang Dunia ke-2.

Kota Fakfak

Guru wajib mengikuti perkembangan zaman dalam mengembangkan profesi kependidikan.

Kota Fakfak

Ikon Baru Kota Fakfak: Satu Tungku Tiga Batu.

Ikon Fakfak City

Fakfak City menjadi ikon kota Fakfak satu lokasi dengan Satu Tungku Tiga Batu

Wisata Permandian Jalan Baru Fakfak, Murah Meriah

Pantai reklamasi yang digagas oleh Bupati Karateker Mayor, menjadi wisata permandian baru di Fakfak dengan lokasi yang strategis dan ekonomis.

Kamis, 17 Oktober 2024

Pembaretan SMAN Taruna Kasuari Nusantara Papua Barat Angkatan ke - 4

Pembaretan SMAN Taruna Kasuari Nusantara Papua Barat Angkatan ke - 4

Masa basis atau pembinaan karakter di SMAN Taruna Kasuari Nusantara Papua Barat dilaksanakan selama 3 bulan dari awal siswa kelas 10 masuk di asrama. Selama tiga bulan, siswa kelas 10 mengikuti semua kegiatan masa basis dan tidak diizinkan berkomunikasi dengan orangtua baik langsung maupun tidak langsung. Siswa juga tidak diberikan hak untuk menggunakan HP selama proses masa basis.

Pembelajaran masa basis mengikuti kurikulum Merdeka ditambah dengan muatan khusus sebagai ciri sekolah yaitu mata pelajaran Wawasan Nusantara dan Bela Negara (WNBN), Kepemimpinan dan Pengorganisasian (KdP),  Keanekaraganan Sumber Daya Alam dan Papua Barat (KSDAPB) serta Budaya Papua Barat dan Kenusantaraan (BPBK) dengan waktu belajar 45 menit setiap mata pelajaran. 

Waktu belajar berlangsung dari pukul 07.15 hingga pukul 12.15 WITdilanjutkan dengan aktivitas Basis dari pukul 13.00 WIT hingga apel malam. 

Selama masa basis, siswa dibina oleh tenaga dari satuan Kodam dipimpin langsung oleh Komandan Latihan dibantu oleh anggotanya dengan total personil 12 orang. 

Rangkaian penutupan masa Basis di SMAN Taruna Kasuari Nusantara Papua Barat angkatan ke 4 diawali dengan kurve di lingkungan sekolah, dilanjutkan dengan renungan malam, hanmars dan puncak pembaretan.

1. Kurve, 04 Oktober 2024

Kurve seyogyanya direncanakan di Pasar Wosi, namu dengan pertimbangan situasi dan kondisi yang berkembang, kurve dialihkan di belakang sekolah SMAN Taruna.




Klik link Video --->> Video 2 You Tube dari Filos

Klik link Video --->> Video 3 You Tube dari Titik

2. Hanmars, 07 Oktober 2024

Hanmars atau Ketahanan Mars adalah kegiatan berjalan kaki dengan langkah tetap dalam waktu yang lama untuk melatih ketahanan fisik dan mental. Hanmars merupakan bagian dari rangkaian masa basis dalam Latihan Perorangan Dasar (LPD) untuk menguji ketahanan fisik seorang siswa taruna.

Hanmars SMAN Taruna dilaksanakan dengan rute kurang lebih 6 km. 

1. Titik start SMAN Taruna.

2. Belok kanan menuju Pasar Sanggeng.

3. Belok ke arah SMAN 1 Manokwari.

4. Belok kanan di perempatan SMAN 1 Manokwari.

5. Berhenti di pertigaan Fanindi.

6. Lanjutkan kembali ke SMAN Taruna Kasuari Nusantara Papua Barat.

Hanmars dimulai pukul 07.30 WIT dan berakhir pukul 10.30 WIT.




Klik link Video --->> Hanmars-TikTok-PubDekdok


3. Renungan Malam, 08 Oktober 2024 (pkl 03.00 WIT subuh)

Renungan malam dijadikan tradisi bagi siswa baru untuk Mendekatkan diri pada Tuhan YME, Instropeksi terhadap diri sendiri atau kelompok, Sarana evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, Bekal mental untuk menghadapi kegiatan/masalah di masa depan, Sarana pengingat untuk menelaah dan mengambil hikmah dari peristiwa besar yang menimpa lingkungan sekitar.

Klik link Video ---> Renungan Malam Tiktik by Titik

4. Pembaretan, 08 Oktober 2024 (09.00 WIT s.d. 13.00 WIT)

Akhir masa Basis ditandai dengan Pembaretan yaitu sebagai simbol siswa taruna memiliki makna sebagai penanaman nilai karakter luhur dan puncak dari rangkaian kegiatan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (PDK). 

Pembaretan juga merupakan tradisi yang mengajarkan kepada siswa baru untuk: 1. Menghargai senior (hierarki), 2. meningkatkan respek dan ketanggapan saat menerima perintah, 3. membentuk mental yang tangguh dan loyal terhadap pelaksanaan tugas.