Sabtu, 14 Februari 2015

Mantan Presiden

Mantan Presiden!

Pernahkah Anda mendengarkan kata atau pernyataan mantan Presiden? Bagaimana asumsi Anda dengan kata mantan presiden? Apa bisa disamakan dengan mantan pacar, mantan istri dan mantan lainnya?

Sungguh kurang terhormat saat kita menyebut seorang presiden yang sudah tidak menjabat menjadi 'mantan presiden'. Kata mantan, bagi saya, kurang elok didengar dan seolah-olah, mereka yang telah berjasa tidak lagi ada artinya. Mantan bisa berarti bekas atau sisa. Nah, kalau SBY kita sebut mantan presiden, apakah SBY tinggal sisa-sisa atau tinggal bekas saja? Jika kita sebut Soekarno sebagai mantan, lalu apakah Indonesia sebagai rintisan Soekarno juga termasuk mantan Indonesia?

Mari kita mencoba bersikap dan berperilaku lebih elegan dengan tidak mengulang kata sebutan mantan bagi para pahlawan dan pendiri bangsa termasuk bagi Mereka yang pernah menjadi presiden kita. Sebut saja Presiden pertama Ir. Soekarno, Presiden Kedua Soeharto, Presiden ketiga B.J. Habibie, Presiden keempat Abdulrahman Whid (Gusdur), Presiden kelima Megawati, Presiden keenam SBY, dan Presiden ketujuh Jokowi. Itu sudah....

0 komentar:

Posting Komentar